Jumat, 16 Desember 2016

Berjalan Di Kehidupan Dunia Yang Fana Ini.

1. Jadikanlah senyuman sebagai suatu kebiasaan yang baik di dalam situasi apapun untuk menenangkan sekaligus menyenangkan hati orang lain, termasuk diri kita sendiri.

2. Berbuatlah kebaikan kepada siapapun termasuk kepada musuh bebuyutan sekalipun, sampai pada titik tertentu (hanya untuk mengingatkan bahwa diri kita juga manusia biasa). Dan jangan pernah menebarkan kejelekan seseorang, apalagi kebencian terhadap orang lain.

3. Apabila musuh bebuyutan itu sudah berubah menjadi baik, maka jadikanlah dia sebagai seorang teman tanpa menaruh dendam sedikitpun kepadanya.

4. Bergaullah dekat dengan orang-orang yang baik, agar tidak ada kesempatan untuk berbuat jahat.

5. Tidak memusuhi orang-orang yang jahat. Meskipun juga tidak bergaul dekat dengan mereka, hanya cukup mengenalnya saja.

6. Bangunlah kekuatan yang baik itu dimulai dari jiwa, hati dan pikiran kita sendiri terlebih dahulu.

7. Senantiasalah berlaku jujur, adil, lurus, terus terang dan apa adanya. Meskipun orang lain tidak menyukainya.

8. Tidak tergantung kepada orang lain. Walaupun harus selalu mampu untuk bekerja-sama sekaligus memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

9. Carilah selalu persamaan di dalam perbedaan dan tidak malah menciptakan jurang pemisah, apalagi sebuah permusuhan.

10. Gunakanlah selalu segenap ilmu, pengetahuan dan wawasan yang dimiliki untuk kebaikan serta manfaat bagi sesama CiptaanNya. Juga tidak pernah ingin berbuat kejahatan apapun. Walaupun di dalam keadaan yang amat sangat terpaksa.

11. Senantiasalah menasehati, mengingatkan dan memberikan suri teladan kepada orang lain. Serta selalu mengajak mereka untuk selalu berbuat kebaikan. Meskipun di dalam keadaan yang tersulit sekalipun.

12. Tidak menyimpan sesuatu hal apapun di dalam hati yang akhirnya menjadi penyakit untuk diri kita sendiri.

13. Sampaikanlah yang ada di dalam hati itu tadi dengan cara yang baik, halus, lembut, sopan lagi santun untuk didengar. Agar hal tersebut dapat diterima dan disadari oleh siapapun mendengarnya.

14. Cintailah sesama mahluk CiptaanNya terutama kepada keluarga terdekat, bagaikan mencintai diri kita sendiri. Dan janganlah pernah ingin menyakitinya. Meskipun keadilan itu harus selalu tetap ditegakkan, tetapi bersama dengan kebijaksanaan.

15. Mintalah maaf terlebih dahulu sebelum orang lain yang meminta maaf kepada diri kita. Terutama mintalah maaf kepada orang-orang yang mungkin pernah tersakiti oleh diri kita.

16. Jadilah orang yang berjiwa besar dan selalu mudah untuk memaafkan orang lain, tanpa pernah berburuk sangka kepada dirinya lagi.

17. Ucapkanlah selalu terima kasih terlebih dahulu kepada siapapun yang berhubungan dengan diri kita, sebelum orang lain yang mengucapkannya. Meskipun tidak ada keuntungan ataupun sesuatu hal apapun yang bisa diri kita dapatkan darinya.

18. Janganlah pernah mengharapkan ucapan terima kasih dari orang lain. Apalagi balasan di dalam bentuk apapun atas sesuatu hal yang telah diri kita lakukan untuknya.

19. Diri kita sendirilah yang harus selalu (wajib) untuk mengucapkan terima kasih. Karena telah diberikan kesempatan untuk menjadi bermanfaat.

20. Tepatilah selalu setiap janji yang pernah terucapkan. Meskipun amat sangat berat untuk melakukannya. Dan walaupun belum tentu orang lain mampu ataupun mau untuk melakukan hal yang sama kepada diri kita.

21. Jadikanlah cinta, kasih serta sayang sebagai dasar yang terdalam pada jiwa, hati juga pikiran. Dan wujudkanlah selalu hal tersebut di dalam setiap sikap, perkataan serta perbuatan.

22. Janganlah pernah berhenti untuk berusaha. Meskipun pada titik tertentu, kita juga harus mampu untuk menunjukkan bahwa masih seorang manusia biasa.

23. Senantiasalah berdoa dan bersyukur kepada Tuhan YME atas segala sesuatu hal apapun. Serta selalulah mencari hal-hal yang positif dari segenap kejadian yang telah diri kita alami.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---