Selasa, 19 Desember 2017

Introspeksi itu Penting.

Setiap hari kerjanya cuma main di Media Sosial dan mencari berita-berita yang kontroversial saja. Terutama yang isinya hanya berupa fitnahan, ujaran kebencian ataupun kebohongan belaka.

Gunanya untuk disebar-luaskan kepada kelompoknya, kemudian dibahas (digunjingkan) bersama-sama (aliran gosip) demi menjatuhkan dan menjelekkan orang maupun kelompok lain.

Mengapa harus sibuk mengurusi orang dan kelompok lain yang berbeda pemahaman dengan dirinya / kelompoknya sendiri? Padahal dirinya sendiri belum tentu baik, alim apalagi benar!

Daripada selalu berbuat dosa yang seperti itu terus-menerus. Lebih baik jikalau menyebarkan hal-hal yang bisa menyenangkan hati orang lain dan membawa kedamaian bagi semua pihak.

Introspeksi itu penting dan bagian dari ibadah. Janganlah melihat kekurangan orang lain, sampai lupa kekurangan diri sendiri. Bawalah cermin dan sebelum melihat orang lain, lihatlah diri sendiri.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---