Jumat, 02 Agustus 2019

Orang Indonesia Itu Hebat.

Ada seorang teman yang sekeluarga hobbynya berbelanja barang-barang mahal (menurut saya). Padahal suami-istri ini pekerjaannya cuma sebagai Karyawan Biasa biasa di Perusahaan Swasta.

Setahu saya gaji Si Suami perbulan sebesar Rp. 5.000.000 dan gaji Si Istri perbulan sebesar Rp. 3.500.000, yang berarti total pendapatan mereka berdua setiap bulan sebesar Rp. 8.500.000.

Apabila saya perhatikan pengeluaran Si Suami perbulan sebesar Rp. 35.000.000 dan pengeluaran Si Istri perbulan sebesar Rp. 50.000.000, yang berarti total pengeluaran mereka berdua setiap bulan sebesar Rp. 85.000.000.

Jikalau kita hanya menggunakan logika yang sederhana dan hitungan yang biasa saja, maka pastinya akan terheran-heran serta berprasangka buruk terhadap mereka berdua (begitu-pun dengan saya pada awalnya).

Namun setelah saya amati lebih jauh, ternyata Si Suami memiliki usaha sampingan sebagai Pembuat Tempe yang diwarisinya dari Alm. Ayahnya dan Si Istri memiliki usaha sampingan sebagai Penjual Minyak Nilam yang didapatkannya dari Desanya.

Hasil dari pekerjaan utamanya cuma untuk pendapatan dan pengeluaran rutinnya belaka. Sedangkan usaha sampingannya itulah yang menjadi modal untuk menyalurkan hobbynya (gaya hidup) berbelanja barang-barang mahal.

Amat sangat cerdas dan patut dicontoh oleh kita semuanya. Terutama kerendah-hatiannya (dengan tetap terus bekerja sebagai Karyawan Biasa dan tidak menonjolkan diri), sekaligus semangatnya di dalam menjalankan usaha sampingannya itu (yang hasilnya bisa 10 kali lipat lebih besar dari gaji perbulannya).

Sungguh luar biasa, orang Indonesia itu hebat. Tidak bisa dilihat dari luarnya, apalagi diremehkan. Logika dan hitungan Matematika tidak bisa selalu diandalkan. Tanah Air kita memang amat sangat subur dan makmur. Anugerah sekaligus titipan yang haruslah selalu kita semuanya syukuri dan lindungi bersama-sama.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---