Senin, 21 Desember 2020

Janganlah Terlalu Sombong, Picik Dan Serakah!

Jikalau seandainya Indonesia mau dibuat menjadi Negara Agama meskipun dengan cara-cara yang halus dan terselubung semisal melalui Perda, maka tetaplah akan terjadi Disintegrasi.

Sebab setiap daerah memiliki Tradisi, Aliran dan Budaya yang tidak sama dengan daerah lainnya. Sehingga tidak akan pernah bisa disatukan di dalam 1 wadah yang harus sama persis.

Yang kemungkinan besar terjadi malah Perang Saudara karena saling berebut unggul, merasa yang terbenar dan selalu ingin menonjolkan alirannya kepada pihak (daerah) lain.

Pihak Asing yang ingin menguasai kekayaan alam kita adalah pihak yang paling diuntungkan dan pasti akan merasa amat sangat senang sekali dengan musibah tersebut, apabila sungguh terjadi.

Pancasila itu sudah yang paling tepat dan cuma tinggal pengamalannya saja yang harus sungguh-sungguh. 

Orang jaman dulu meskipun tidak sekolah tinggi, setinggi sekolah pada orang jaman sekarang tetapi tingkat "pemahamannya" jauh lebih tinggi daripada orang jaman sekarang. Sebab mereka rendah hati, tanpa pamrih dan hidupnya sederhana. Makanya janganlah terlalu sombong, picik dan serakah serta senantiasalah mencontoh keluhuran dari orang jaman dulu!

Surabaya, 26 November 2015.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---