Sabtu, 04 April 2020

Mencontoh Hal-hal Yang Baik.


Banyak pihak yang memuji Jepang sebagai negara yang paling baik di dalam pencegahan dan penanganan wabah penyakit COVID-19.

Padahal saat ini, penduduk Jepang sendiri banyak yang terjangkit penyakit COVID-19 meskipun lebih terkendali, termasuk kematiannya.

Orang Jepang dikenal paling disiplin, tertib, tanggap darurat dan selalu gotong-royong meskipun cuek (acuh) serta amat sangat gila kerja.

Tetapi utamanya bukan karena hal itu yang membuat Jepang bisa mencegah dan menangani wabah penyakit COVID-19 ini dengan baik.

Utamanya sebab Jepang terbiasa terkena bencana alam. Setiap menit, bahkan detik pasti terjadi gempa bumi (baik besar maupun kecil).

Tidak hanya itu belaka, saat Perang Dunia II tatkala Sekutu menghajar Jepang, tanah penyembah Dewa Matahari ini, terutama Tokyo dibombardir sampai rata (kecuali Istana Kaisar).

Hal tersebut telah membuat kesengsaraan yang amat sangat luar biasa bagi penduduk Jepang, terkhusus yang berada di Kota Tokyo (serta Kota-kota yang terkena Bom Atom tentunya).

Oleh karena kejadian-kejadian dan pengalaman-pengalaman itu, maka segenap penduduk Jepang selalu siaga di dalam keadaan apapun.

Bukan cuma membuat Rukun Keluarga (RK), Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) saja, namun Rumah Sakit pada setiap Kecamatan.

Di setiap Kelurahan-pun, terdapat tempat-tempat untuk bantuan kesehatan. Sehingga, segalanya lebih mudah untuk diamati dan diatasi.

Tetapi yang paling unggul serta tidak bisa dilawan oleh siapapun adalah orang Jepang amat sangat mencintai Bangsa dan Tanah Airnya.

Sehingga apabila terjadi sesuatu pada Bangsa dan Tanah Airnya, mereka langsung bahu-membahu untuk menghadapi serta melawannya.

Mudah-mudahan Bangsa lainnya, terutama Bangsa Indonesia bisa mencontoh hal-hal yang baik dari Bangsa Jepang atau manapun ini.

Dan semoga wabah penyakit mematikan yang bernama COVID-19 segera berlalu dari Tanah Air kita. Aamiin, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---