Selasa, 07 April 2020

Bukan Negara Federasi.

Amerika Serikat adalah negara besar, kuat dan hebat tetapi saat ini terkesan lambat menyikapi penyebaran serta penanganan wabah penyakit COVID-19, kenapa?

Karena Amerika Serikat adalah Negara Federasi, sehingga kebijakan yang ada di Pusat tidak bisa langsung diberlakukan pada Daerah atau Negara Bagian (state).

Padahal langkah-langkah yang mesti diambil dan ditempuh untuk menyikapi penyebaran serta penanganan wabah penyakit ini harus strategis sekaligus terpadu.

Negara kita adalah Negara Kebangsaan, bukan Negara Federasi seperti Amerika Serikat. Namun UU OTODA yang terus diperbarui, bisa membawa ke arah sana.

Saatnya memikirkan kembali arah yang akan dituju oleh Bangsa kita ke depan. Tentunya yang sesuai dengan cita-cita luhur dari para Pendiri Bangsa dan Negara.

Mewujudkan cita-cita luhur dari para Pendiri Bangsa dan Negara adalah tugas, kewajiban serta tanggung-jawab kita bersama. Janganlah pernah melupakannya!

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---