Minggu, 22 Juli 2018

Pariwisata Di Daerah-daerah.

Beberapa hari ini saya mencari informasi tentang Pariwisata di Tanah Air kita yang tercinta.

Seluruh dunia tahu bahwa Negara kita adalah Negara Kepulauan (yang terbesar) dan memiliki Gunung Berapi terbanyak. Serta pemandangan di Pulau-pulau kitapun terkenal amat sangat indah juga belum terjamah.

Sebetulnya kedua hal ini adalah sebuah Potensi yang amat sangat luar biasa yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Lalu kenapa Pariwisata yang kita miliki masih belum bisa semeriah dan seramai di Negara lain? Karena :

1. Promosi.
2. Transportasi.
3. Akomodasi dan Konsumsi.
4. Bahasa.
5. Kebiasaan Buruk.

1. Promosi.
Kecanggihan Teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu Daerah ataupun sebuah Tempat Pariwisata, baik oleh Pemerintah Daerah setempat maupun masyarakatnya.

2. Transportasi.
Infrastruktur yang sedang dibangun oleh Pemerintah Pusat harus bisa diikuti oleh Pemerintah Daerah. Jalan-jalan harus diperbaiki dan diperbesar serta transportasi umum (yang bagus) menuju ke lokasi diperbanyak.

3. Akomodasi dan Konsumsi.
Tempat-tempat Penginapan (yang baik) harus disediakan. Bisa bekerjasama dengan Investor (Dalam ataupun Luar) maupun oleh masyarakatnya. Dan harus ada Tempat Makan yang masakannya Universal.

4. Bahasa.
Kemampuan Bahasa Asing harus ditingkatkan. Tidak perlu menguasainya dengan sempurna. Tetapi cukup yang berhubungan dengan hal-hal yang dikerjakan saja. Paling tidak bisa menyampaikan hal-hal yang umum.

5. Kebiasaan Buruk.
Banyak kebiasaan buruk di masyarakat, salah satunya adalah "Aji Mumpung". "Aji Mumpung" yang dimaksud adalah kebiasaan untuk menaikkan harga (yang tidak wajar), bahkan memungut "Pungli" kepada Orang Asing.

Khusus untuk yang Nomor 5 ini perlu Perhatian Khusus. Karena disamping merupakan tindakan yang menghambat kemajuan, merugikan Pemerintah Daerah dan masyarakat lainnya juga merusak nama baik dari Pariwisata kita.

Mudah-mudahan ke depan GCTA bisa lebih berkiprah di dalam hal ini. Dan dengan meningkatnya Pariwisata di Daerah-daerah yang ada di Tanah Air yang tercinta ini, semoga Bangsa kita menjadi lebih sejahtera. Aamiin.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---