Selasa, 03 Juli 2018

Ingin Dianggap "Up To Date".

Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial terutama jejaring sosial untuk berinteraksi dengan orang lain. Entah itu Facebook, Twitter, Path, Instagram, Line, Google+ dan lain sebagainya.

Sepertinya akan terkesan "sangat ketinggalan jaman", jikalau tidak menggunakan apalagi memiliki salah satu dari jenis jejaring sosial tersebut.

Masalahnya banyak orang yang ingin dianggap "up to date", tetapi sebetulnya tidak mempunyai jiwa sosial yang tinggi atau tidak suka berteman. Namun cuma demi kepentingan tertentu (gaya hidup, bisnis, politik dll) belaka, akhirnya memaksakan diri untuk menggunakan jejaring sosial.

Sehingga kemudahan untuk berinteraksi dengan menggunakan jejaring sosial, tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Tetapi hanya sebatas pada kepentingan (keuntungan) pribadinya sendiri semata.

Jejaring sosial yang semestinya bisa dipergunakan untuk menambah teman, sahabat, saudara dan lain-lain hal yang positif malah cuma dijadikan sarana untuk menyampaikan unek-unek, keluh-kesah, kritikan, olokan, hujatan, makian, fitnah, omongan kotor atau kepentingan politik sesaat yang berupa adu-domba saja.

Bahkan ada yang hanya untuk mengumpulkan pertemanan sebanyak-banyaknya belaka, agar kelihatan seperti memiliki banyak fans (ala selebritis). Walaupun tidak pernah menyapa, mengobrol dan bentuk interaksi lainnya (ini type Narcissistic Personality). Akhirnya hal-hal positif yang sesungguhnya bisa didapatkan dari penggunaan jejaring sosial menjadi menghilang.

Pergunakanlah jejaring sosial yang kita miliki ini untuk kebaikan bersama. Terutama untuk berinteraksi yang secara baik lagi benar dengan selalu mengedepankan moral, norma dan etika yang sesuai Budaya asli milik Bangsa kita sendiri.

Janganlah cuma menambah teman saja, namun "tidak berteman" alias tanpa tegur-sapa. Atau malah hanya dijadikan alat untuk mencari musuh belaka, karena kepentingan tertentu (biasanya berhubungan dengan politik).

Atau jadikanlah kepentingan-kepentingan tertentu itu menjadi hal yang menarik, kreatif dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan bagi setiap orang yang membacanya alias mendidik, bukannya malah sebaliknya.

Hidup di dunia yang fana ini cuma satu kali saja. Marilah kita nikmati, terutama dengan berbuat kebajikan yang sebanyak-banyaknya demi kebahagiaan bersama.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---