Senin, 31 Juli 2017

"Empat Golongan Utama".

Sedekah adalah perbuatan yang amat sangat mulia dan wajib bagi siapapun yang termasuk di dalam golongan yang mampu untuk memberikannya.

Di dalam memberikan sedekah yang wajib ini, haruslah selalu lebih mengutamakan dan mendahulukan golongan yang paling terdekat terlebih dahulu.

Siapakah golongan yang paling terdekat itu?

- Yang Pertama tentunya ialah Orang Tua, Bapak dan Ibu serta Saudara-saudaranya.

- Yang Kedua ialah Keluarga, Saudara dan Kerabat lainnya.

- Yang Ketiga ialah Bawahan, Anak Buah dan Karyawan.

- Yang Keempat ialah Tetangga dengan tanpa membedakan latar-belakangnya.

Keempat golongan inilah yang disebut sebagai, "Empat Golongan Utama".

Mengapa?

Karena apabila "Empat Golongan Utama" ini yang senantiasa lebih diutamakan dan didahulukan maka tidak akan pernah ada satu-pun umat manusia yang hidupnya bakalan kekurangan, kesulitan apalagi kesusahan selama hidup di muka bumi.

Sebab kita semuanya pastilah memiliki anak ataupun orang tua, keluarga ataupun saudara, tetangga ataupun lingkungan sekitar dan atasan ataupun bawahan.

Sekaligus akan menjadi hal yang amat sangat aneh dan tidak masuk akal jikalau kita memberikan sedekah kepada golongan yang lebih jauh, padahal golongan yang paling terdekat sendiri sedang mengalami kekurangan, kesulitan serta kesusahan.

Inilah "Empat Golongan Utama" yang wajib untuk selalu lebih diutamakan dan didahulukan.

Semoga segala bentuk dari sedekah dan amal ibadah serta kebajikan kita senantiasa diterima sekaligus diridhoi oleh Tuhan YME, Aamiin.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---