Kamis, 11 April 2019

Berita Politik Yang Menggiring Opini.

Jujur saja saya merasa risih! Sebab setiap membuka Facebook, yang terlihat melulu dari "Pages" yang pernah saya "Like" dan "Follow" isinya sebagian besar tentang politik.

Sayangnya, politik yang menggiring opini untuk menjatuhkan ataupun mendukung pihak tertentu. Jelaslah ini tidak boleh, karena sangat tidak sehat.

Saran saya bagi yang merasakan hal sama, "Unlike" atau "Unfollow" semua "Pages" yang seperti itu. Sebab berita semacam itu tidak ada kebaikannya, malah menimbulkan kejengkelan.

"Pages" itu membutuhkan "Follower", bukan "Follower" yang membutuhkan "Pages". Dan semakin banyak "Follower", maka "Pages" itu yang akan diuntungkan. Karena mendapatkan sumbangan, sponsor dan iklan.

Kita harus berani untuk bersikap tegas dan pada tempatnya. Janganlah sungkan, apalagi takut jikalau hal itu bisa merusak kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Apabila bukan kita yang menentukan sikap, maka siapa lagi?! Makanya harus peduli dan tidak berkompromi ataupun membiarkan perusakan serta kerusakan terjadi.

Saya sudah melakukan "Unlike" dan "Unfollow" pada banyak "Pages" hari ini, puluhan jumlahnya. Ayo kita Unlike" dan "Unfollow" setiap "Pages" yang membawa berita tentang politik yang menggiring opini.

Disamping agar "Pages" tidak dimanfaatkan untuk politik yang menggiring opini, merusak persatuan dan kesatuan, membodohi, ikut bermain politik serta halaman kita tidak tertutupi oleh berita-berita politik praktis dari "Pages".

Ini yang paling terpenting, kita bermain Facebook atau media sosial untuk bersosialisasi sekaligus mendapatkan hiburan yang menyenangkan hati. Bukannya untuk mendapatkan berita politik yang menggiring opini, apalagi yang menjengkelkan.

Tidak ada manfaatnya jikalau kita menggunakan media sosial, tetapi anti ataupun tidak mau bersosialisasi. Lebih lagi apabila cuma memanfaatkan untuk kepentingan politik maupun hal-hal pragmatis lainnya belaka, yang tidak ada nilai sosialnya.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---