Kamis, 09 Februari 2017

Terlalu Banyak Membuat Kesalahan.

Apabila kita sudah terlalu banyak membuat kesalahan, maka hanya ada beberapa pilihan saja yang dapat dilakukan :

1. Mengakui kesalahan dan meminta maaf.
2. Pura-pura bodoh dan diam seperti tidak tahu apa-apa.
3. Melimpahkan kesalahan dan menyudutkan orang lain.
4. Mengadu domba dan merusak suasana.
5. Mencari belas kasihan dan memposisikan diri sendiri sebagai korban.
6. Melarikan diri dan menghilang.

- Agar bisa mengakui kesalahan dan meminta maaf itu dibutuhkan keberanian yang tinggi. Yang mana hal seperti itu sangat sedikit sekali dimiliki oleh orang biasa.

- Agar bisa pura-pura bodoh dan diam seperti tidak tahu apa-apa itu dibutuhkan mental yang kuat. Karena hal seperti itu disamping harus bisa menahan perasaan malu, juga harus bisa menekan perasaan bersalah pula.

- Agar bisa melimpahkan kesalahan dan menyudutkan orang lain itu dibutuhkan perasaan tega yang tinggi. Karena hal seperti itu harus mampu menghilangkan perasaan iba, kasihan, peduli, simpati dan empati terhadap orang lain.

- Agar bisa mengadu domba dan merusak suasana itu dibutuhkan jiwa yang sakit. Karena tidak semua orang sudi melakukan hal seperti itu, kecuali dalam kondisi jiwa yang sedang tidak sehat.

- Agar bisa mencari belas kasihan dan memposisikan diri sendiri sebagai korban itu dibutuhkan bakat yang khusus. Karena untuk dapat menjalankan hal seperti itu harus memiliki bakat yang khusus, terutama di dalam seni peran.

- Agar bisa melarikan diri dan menghilang itu dibutuhkan perhitungan yang tepat. Karena hal seperti itu sangat berhubungan dengan situasi, kondisi, peluang, timing dan momentum. Seandainya terjadi sedikit saja kesalahan, pasti akan terbongkar.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---