Kamis, 15 Desember 2011

"Annual Patriotism Parade Contest".

Kita semua bangsa Indonesia bahkan luar negeri tahu dan mengenal kota kita tercinta Surabaya ini sebagai Kota Pahlawan. Sejarah bangsa dan dunia membuktikan bahwa berkat perjuangan heroik warga kota Surabaya di kala pertengahan tahun 1945, dapat membangkitkan jiwa dan semangat Nasionalis, Patriotis serta Herois pada daerah-daerah lain di Indonesia, khususnya daerah disekitar kota Surabaya atau Jawa Timur sendiri dalam mengusir penjajahan di muka Bumi Pertiwi Indonesia tercinta, meskipun harus mengorbankan puluhan ribu bahkan ratusan ribu jiwa Pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Kota Surabaya di tahun 1945 dan tahun-tahun berikutnya.
Namun kini setelah melewati 66 tahun dari momentum perjuangan warga kota Surabaya pada saat itu, jiwa, semangat dan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme apalagi Heroisme warga kota Surabaya semakin memudar. Warga kota Surabaya semakin tidak peduli dan terpanggil untuk melestarikan nama harum kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan baik dalam wujud perbuatan maupun pemikiran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyak munculnya perumahan-perumahan yang menggunakan nama jalan, area, lambang dan patung-patung orang asing / luar negeri sebagai kebanggaan dari pemukiman / daerah tersebut. Kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat pun, baik dalam memperingati Hari-hari Besar Kenegaraan, Keagamaan juga hari tertentu sudah tidak lagi bernafaskan perjuangan dan kepahlawanan Kota Surabaya lagi.
Keberadaan Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia baik dalam wilayah, jumlah penduduk dan kekuatan ekonomi serta latar berlakang Sejarah Kepeloporan Perjuangan yang sangat berjasa dan strategis, mungkin dapat dipergunakan untuk membangkitkan kembali jiwa, semangat dan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme serta Heroisme bagi warga kota Surabaya sendiri dan kota-kota lain di wilayah NKRI. Hal ini juga dimaksudkan agar pengorbanan luar biasa para Pahlawan Bangsa, baik yang gugur di medan Pertempuran Fisik 1945 – 1950, yang sebelumnya dan sesudahnya, maupun yang masih hidup hingga sekarang tidak menjadi sia-sia. Kepeloporan Pemuda Surabaya pada 66 tahun silam, mungkin dapat dijadikan lagi sebagai momentum kebangkitan jiwa, semangat dan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme serta Heroisme bangsa Indonesia.
“Annual Patriotism Parade Contest” atau Kontes Parade Patriotisme Tahunan kiranya merupakan sebuah Ide Kegiatan yang tepat untuk mendukung hal tersebut. Sebuah kegiatan yang bisa diadakan secara berkala dan berkelas Internasional di kota Surabaya, dengan peserta dari Lembaga-lembaga Pendidikan dan lembaga lain baik tingkat Dasar, Menengah ataupun Tinggi dalam negeri maupun luar negeri, yang tentunya memperebutkan hadiah menarik dan pastinya Piala Walikota Surabaya sebagai pimpinan tertinggi Kota Pahlawan saat ini, serta Piagam bagi semua peserta. Dimana kegiatan ini mewajibkan peserta menampilkan ide / kreatifitas / imaginasi dalam bentuk apapun tentang Nasionalisme, Patriotisme atau Heroisme pribadi, lembaga, daerah maupun negara masing-masing dengan situasi dan suasana masa Perjuangan 1945. Kegiatan ini dapat dilakukan pada tiap bulan November setelah peringatan Hari Pahlawan dan tentunya dimulai pada bulan November tahun 2012 sehingga memiliki waktu yang panjang untuk mempersiapkannya.
Dampak positif dari kegiatan ini disamping untuk membangkitkan kembali jiwa, semangat dan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme serta Heroisme masyarakat, khususnya warga kota Surabaya, juga dapat menambah kreatifitas pemuda / pelajar yang bernafaskan patriotisme Kota Pahlawan, menanamkan kecintaan dan kebanggaan kepada Kota Pahlawan, mempermudah pengajaran Sejarah terutama Kepahlawanan kota Surabaya di Lembaga-lembaga Pendidikan karena ada aktualisasi atau sebuah kegiatan dari yang selama ini hanya mereka dengarkan saja, lebih mengenalkan lagi kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan kota besar pada dunia Internasional,  menambah PAD kota Surabaya dengan berdatangannya Peserta dan Penonton baik domestik maupun luar negeri serta juga dapat menjadi Agenda Tahunan Kepariwisataan Indonesia terutama kota Surabaya dan ke depannya masih banyak lagi dampak positif yang akan didapatkan. Tapi yang jelas dan pasti dari semua itu adalah menambah harumkan lagi nama kota Surabaya kita tercinta ini sebagai Kota Pahlawan di mata dunia Internasional.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---