Jumat, 04 Januari 2019

5 Kelompok.

Seandainya ada 5 Kelompok :

* Kelompok Pertama.
- Yang sengaja memberikan keuntungan (para Tuan), jikalau ada yang mau membela kepentingan mereka bersama Pihak Asing.

* Kelompok Kedua.
- Yang sengaja menyebarkan kebencian karena akan mendapatkan keuntungan, baik berupa jabatan maupun harta kekayaan dari para Tuan.

- Kelompok Ketiga.
* Yang sengaja ditanamkan kebencian secara terus-menerus oleh kaki-tangan para Tuan melalui kegiatan-kegiatan tertentu, agar menjadi pengikut setia yang buta dan tuli.

- Kelompok Keempat.
* Yang tidak sengaja ikut-ikutan menyebarkan kebencian, entah cuma untuk gaya-gayaan ataupun pelampiasan, walaupun tidak mendapatkan keuntungan apapun apalagi mengenal para Tuan.

- Kelompok Kelima.
* Yang sengaja ataupun tidak sengaja berbuat "acuh tak acuh". Sebab tidak memahami persoalan yang sebenarnya sedang terjadi serta merasa bukan bagian dari Kelompok manapun, bahkan merasa bukan bagian dari Bangsa dan Negara.

Maka dari 5 Kelompok ini, yang manakah yang akan lebih mudah untuk menjadi sadar dan insyaf serta bisa kembali ke jalan yang benar? Yaitu, jalan yang lurus yang diridhoi dan diberkati oleh Tuhan YME.

Marilah kita semuanya saling berandai-andai untuk mencari jawabannya! Terima kasih.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---