Senin, 24 April 2017

Memenuhi Kebutuhan Secara Lengkap.

Apabila sebuah Ritual Ibadah itu diibaratkan seperti Waktu Makan, Makanan dan Minuman, maka hal tersebut terjadi karena adanya Kebutuhan Pokok Rutin serta Tidak Rutin dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri. Yang biasanya terlebih dahulu ditandai dengan terjadinya rasa lapar dan haus.

Ritual Ibadah Wajib bisa diibaratkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri akan Karbohidrat. Seperti yang ada pada Beras, Gandum, Jagung, Kentang, Sagu dan lain-lain.

Ritual Ibadah Tambahan bisa diibaratkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri akan Protein dan Lemak. Seperti yang ada pada Telor, Daging, Ikan dan lain sebagainya.

Ritual Ibadah Menyebut Nama Tuhan YME setelah Ibadah Wajib bisa diibaratkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri akan Serat dan Mineral. Seperti yang ada pada Sayur-sayuran dan Buah-buahan.

Ritual Ibadah Doa untuk para Rasul, Nabi, Syuhada, Orang Tua, Keluarga, Sahabat, Teman dan Diri Sendiri setelah Ibadah Wajib bisa diibaratkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri akan Cairan. Seperti yang ada pada Air Putih, Teh, Kopi dan lainnya.

Sehingga di saat kita menjalankan Ritual Ibadah Wajib, Ritual Ibadah Tambahan, Ritual Ibadah Menyebut Nama Tuhan YME dan Ritual Ibadah Doa di dalam satu rangkaian sebuah Ritual Ibadah Lengkap yang tidak terputus serta tepat pada waktunya, maka hal tersebut sama dengan telah memenuhi Kebutuhan Pokok Rutin dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri secara lengkap atau seperti istilah "Empat Sehat, Lima Sempurna".

Tetapi apakah dengan pola makan dan minum yang sudah "Empat Sehat, Lima Sempurna" itu tadi maka seterusnya sudah secara lengkap untuk seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri?

Artinya tidak mungkin kita bisa terkena penyakit, masalah atau gangguan kesehatan dan kalaupun bisa terkena, maka akan bisa sembuh dengan sendirinya?

Untuk Kebutuhan Pokok Rutin secara lengkap bagi seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri yang dalam jangka waktu tertentu (sesaat), bisa. Namun untuk kebutuhan secara lengkap yang seterusnya (tidak sesaat) bagi seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri seperti pertanyaan di atas, tentunya tidak bisa.

Karena makan dan minum itu harus dilakukan beberapa kali di dalam sehari. Sesuai dengan Kebutuhan Pokok Rutin dan Tidak Rutin dari seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita masing-masing.

Lalu sesungguhnya untuk apa pola makan "Empat Sehat, Lima Sempurna" itu tadi harus kita lakukan?

Untuk memenuhi Kebutuhan Pokok Rutin secara lengkap yang dalam jangka waktu tertentu bagi seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri sebagai sesosok mahluk hidup. Bukan untuk kebutuhan secara lengkap yang seterusnya.

Bagaimana caranya jikalau kita ingin memenuhi kebutuhan secara lengkap yang seterusnya?

Dengan tambahan vitamin, jamu, obat dan lain-lain yang amat sangat bermanfaat bagi seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri. Yaitu yang dinamakan dengan "Berbuat Kebaikan".

Serta hidup sehat dengan menjauhi hal-hal yang jahat, dosa, salah, kotor juga yang berbahaya pula.

Apakah cukup cuma dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas itu tadi saja, maka kebutuhan secara lengkap yang seterusnya sudah bisa terpenuhi?

Betul, untuk kebutuhan secara lengkap yang seterusnya bagi seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri sudah bisa terpenuhi.

Tetapi masih ada satu hal lagi yang terpenting, agar seluruh bagian yang ada di dalam tubuh kita sendiri bisa selalu terjaga. Yaitu dengan berolahraga atau gaya hidup yang seimbang (dunia dan akherat).

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---