Senin, 04 Mei 2020

Dihambat dan Dikendalikan.

Sebelum ditemukannya Vaksin COVID-19 maka hanya ada 5 cara saja yang harus dioptimalkan untuk menghambat dan mengendalikan penyebaran Pandemik COVID-19 ini, yaitu :

1. Berdiam Diri di dalam rumah dengan Pola Hidup yang sehat, terkecuali untuk kepentingan yang amat sangat mendesak.

2. Menjaga Jarak Aman dengan selalu mengenakan Masker dan rajin Mencuci Tangan, apabila terpaksa harus ke luar rumah.

3. Melakukan Rapid Test secara gencar di daerah-daerah pemukiman yang padat dan tempat-tempat berkumpulnya orang banyak (Terminal, Mall, Pasar, Supermarket, Pabrik, Kantor dll).

4. Isolasi Mandiri bagi siapapun yang sedang terjangkit COVID-19 tetapi tidak berat dengan diawasi oleh Petugas Kesehatan setempat dan didukung penuh secara gotong-royong oleh seluruh penduduk sekitar.

5. Penyemprotan Disinfektan secara rutin, berkala dan merata di setiap Wilayah.

Dengan 5 cara ini Pandemik COVID-19 bisa dihambat dan dikendalikan penyebarannya serta Negara tidak menghabiskan anggaran untuk penyembuhan. 

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, apalagi untuk wabah penyakit yang mematikan seperti yang terjadi pada saat ini.

Dan kesadaran atas kesehatan serta keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain, adalah yang paling terpenting di dalam pencegahan wabah penyakit apapun.

Namun apabila sudah terlanjur menyebar, maka harus segera dihambat dan dikendalikan, agar tidak merugikan serta merenggut nyawa siapapun.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---