Minggu, 14 Oktober 2012

Surabaya Navy Open Days.

Jawa Timur khususnya Kota Surabaya yang merupakan sentral dari kekuatan pertahanan untuk seluruh wilayah bagian Timur Indonesia terutama Angkatan Laut, memiliki daya tarik tersendiri. Wilayah Negara kita yang sebagian besar terdiri dari lautan dan pulau harus dijaga kekayaannya, Angkatan Laut yang harus menjaga pertahanan sekaligus keamanan di laut juga didaerah sekitar laut memiliki peralatan yang unik dan langka untuk orang awam. Peralatan-peralatan yang tidak umum, unik dan langka untuk orang awam ini bisa menarik perhatian juga keingin-tahuan yang berharga. Potensi yang tidak dimiliki oleh daerah lain ini, haruslah mampu dimanfaatkan untuk kebaikan dari semua pihak, baik kebaikan Angkatan Laut, masyarakat maupun Pemerintah Kota.
Surabaya Navy Open Days adalah sebuah pameran peralatan dan senjata militer yang dilakukan bersama antara TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Kota Surabaya. Pameran ini bertujuan untuk mengakrabkan masyarakat umum dengan TNI khususnya Angkatan Laut, menciptakan tempat rekreasi yang bermanfaat dan berdaya-guna tinggi, menambah ilmu pengetahuan, kebanggaan dan kecintaan masyarakat umum terhadap kehidupan laut / maritim, menambah daerah tempat wisata di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya serta pastinya pula menambah PAD dari Kota Surabaya sekaligus Angkatan Laut sendiri. Kegiatan ini bisa menampilkan seluruh peralatan dan senjata dari kekuatan pertahanan yang ada di Jawa Timur baik AL, AD, AU ataupun luar negeri.
Tidak hanya pada peralatan dan senjata Angkatan Laut saja tapi dari seluruh Angkatan yang ada di Jawa Timur sekaligus bisa juga ditambahkan dari negara-negara sahabat yang berkenan untuk ikut bergabung dalam menyemarakkan kegiatan ini. Jika tempat pameran mencukupi maka tidak peralatan militer saja namun nonmiliter yang berhubungan dengan maritimpun dapat ikut serta. Pameran ini bisa diadakan 1tahun sekali dalam beberapa hari (Jumat, Sabtu dan Minggu ataupun Sabtu dan Minggu saja) maupun beberapa kali dalam setahun. Tapi jika terlalu sering maka akan mengurangi rasa keingin-tahuan masyarakat umum juga bobot dari kegiatan pameran. Mungkin akan lebih baik jikalau diadakannya 1 tahun sekali saja tapi secara akbar, lengkap dan mendunia.
Adalah sangat penting dan strategis untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan atau mengajak masyarakat umum dalam rangka membangun pengetahuan tentang pentingnya suatu pertahanan sekaligus untuk membangun kekuatan bersama demi pertahanan Negara. Masyarakat yang pada umumnya hanya bisa melihat ditelevisi atau media lainnya, mendapat kesempatan untuk melihat langsung peralatan dan senjata yang dimiliki oleh Negara tentunya akan sangat bangga serta ikut peduli dengan perkembangan peralatan dan persenjataan untuk pertahanan Negara. Masyarakat yang harus selalu diayomi dan merasa terlindungi dari serangan ataupun pengaruh negatif pihak asing akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalankan kehidupan bernegara yang demokratis.
Sudah saatnya TNI menjalin keakraban dan membuka diri kepada masyarakat. TNI yang berasal dari rakyat dan akan kembali lagi menjadi rakyat adalah salah satu pilar utama Negara terutama dalam pertahanan Bangsa yang harus selalu melibatkan masyarakat umum agar terbangun suatu kekuatan yang menyeluruh dan terpadu didalam pertahanan Negara. Kehidupan masyarakat sipil yang bukan diartikan tidak boleh ada kekuatan militer didalamnya, sesungguhnya malah sangat memerlukan kerjasama yang erat antara militer dan masyarakat umum. Apalagi jika dilihat dari sejarah berdirinya TNI yang berbeda dengan sejarah berdirinya militer yang ada di Negara lain. TNI sebagai Pilar Negara yang pastinya memiliki jiwa Nasionalisme, Patriotisme dan Heroisme paling tinggi harus mampu menularkannya ke masyarakat umum demi tegaknya Demokrasi kita.
--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---