Kamis, 30 Juli 2020

Fenomena Kue Klepon.

Saya tidak tertarik untuk membahas kue Klepon yang saat ini sedang menjadi "trending topic" di jagat raya Media Sosial dan harus siap-siap "go internasional" (dengan kualitas ekspor tentunya), karena sudah mendapatkan promosi gratis yang sungguh luar biasa.

Tetapi saya lebih tertarik untuk membahas Kurma. Sebab berkat Kurma-lah akhirnya kue Klepon yang sudah lama bersembunyi ini, tiba-tiba melompat ke permukaan dan menggebrak panggung Media Sosial bak sang Super Star di Tanah Air kita yang tercinta.

Jujur saya tidak tahu apa-apa perihal Kurma. Namun karena telah berhasil membuat kue Klepon menjadi amat sangat beken, maka iseng-iseng saya mencari tahu tentangnya. Tinggal menulis namanya di Google, langsung keluar data lengkap mengenainya.

Kurma atau Date Palm atau Phoenix Dactylifera adalah Makanan Pokok di Timur Tengah dan Lembah Indus. Diyakini berasal dari wilayah Irak (sekarang) dan bukti tertua tentang Penanamannya ditemukan di Mehrgarh (sekarang Pakistan) sekitar 7000 SM.

Kurma secara luas dan turun-menurun dibudidayakan mulai dari Afrika Utara sampai ke Asia Selatan serta ditanam oleh banyak Negara, baik yang beriklim tropis maupun subtropis. Fosil dari Kurma yang pernah ditemukan berusia sekitar 50 juta tahun.

Relief pada dinding batu dari peradaban paling terkuno, Sumeria (antara 4500 SM - 1500 SM) di Mesopotamia Selatan (sekarang Irak Selatan), menggambarkan tentang penanaman dan pemanfaatan Kurma di dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Beberapa Bangsa menganggap Pohon Kurma sebagai Pohon Suci. Kerajaan Yahudi menjadikan Pohon Kurma sebagai lambang dari Kerajaannya. Bahkan anak perempuan dari Nabi Daud AS (Raja Yahudi) diberi nama Tamar, yang artinya Kurma.

Di dalam 3 Kitab Suci dari 3 Agama Besar terdapat Ayat-ayat Suci tentang Kurma dan Pohonnya. Agama Yahudi dan Nasrani malah menggunakan Daunnya pada Ritual Keagamaan, Sukkoth (Agama Yahudi) serta Minggu Palma (Agama Nasrani). 

Istimewa sejarah tentang Kurma ini, itu belum termasuk khasiat dan jenisnya (beragam). Tidak heran apabila Mesir sejak jaman Firaun (3150 SM) sampai dengan sekarang membudidayakannya dan menjadi penghasil Kurma terbesar di dunia.

Akhir kata, kue Klepon tidak ada apa-apanya dibandingkan Kurma. Kurma adalah buah yang bermanfaat dan sudah terlalu terkenal. Tetapi fenomena kue Klepon yang terjadi beberapa waktu lalu, telah mendongkrak nama jajanan yang asli milik dari Bangsa kita sendiri. 

Dan mudah-mudahan tidak hanya kue Klepon saja yang terdongkrak namanya, namun juga jajanan yang asli milik dari Bangsa kita sendiri lainnya pula. Sehingga para pembuat dan pedagang dari jajanan yang asli milik dari Bangsa kita sendiri menjadi sejahtera.

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---