Sabtu, 23 Maret 2024

Inilah Biangnya.

Beberapa teman bertanya tentang gejala stroke minor yang pernah saya alami dan jawabannya adalah, "Tidak ada". Bahkan selama 20 tahun rutin 6 bulan sekali memeriksakan darah, semuanya hampir (99%) selalu normal.

Namun 1 minggu sebelumnya, saya kadang-kadang (ingat ya kadang-kadang, 1 hari paling terasa 2-3 kali), sedikit kesemutan (alias "Sengkring-sengkring") di jari atau lengan ataupun bahu pada bagian tubuh sebelah kanan dan LDL agak naik (20% dari normal). Cuma itu saja, tidak ada lain-lainnya.

Lalu pengobatannya seperti apa? 
Seluruh pengobatan dari Dokter, berupa : Obat Pengencer Darah, Vitamin Otak, Vitamin Saraf, Anti Darah Tinggi dan Anti Kolestrol.

Serta saya pribadi berhenti merokok, makan gorengan, tepung-tepungan dan minuman manis. Plus memperbanyak makan buah-buahan, sayuran sekaligus menambah porsi olahraga.

Apakah bisa sembuh? 
Alhamdulillah, Puji Tuhan YME, sama sekali sudah tidak pernah merasakan kesemutan.

Terkecuali apabila tidur malam saya kurang baik (kurang lama atau kurang lelap), maka bakalan terasa sensasi kecil (rasa sengkring-sengkring yang lemah) pada badan (biasanya jari ataupun telapak tangan) bagian kanan.

Jadi kembali ke topik di atas, tidak ada gejala maupun tanda-tandanya ya! Tiba-tiba ada rasa kesemutan yang amat sangat kecil dan dari hasil MRI, ternyata telah terjadi penyumbatan!! Wow!!!

Datangnya penyakit tidak memberitahu, sehingga diri kita sendiri yang wajib untuk mengontrolnya. Terutama dengan gaya hidup yang sehat, khususnya makanan dan minuman alias segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Makanan di kita ini, 95% dibuat dengan cara menggoreng. Apalagi menggorengnya memakai minyak sayur (lebih-lebih jelantah aka minyak bekas), walhasil kaya atas lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh dan lemak trans inilah biangnya, yang akan menyumbat plus membuat peradangan pada pembuluh darah kita. Belum lagi, apabila gemar makan dan minum yang manis-manis (ditambah merokok, seperti saya yang lalu). Wis komplit tok, toss!

Nah, untuk teman-teman yang sudah memasuki usia 40 tahun (meskipun kemampuan fisik dari setiap individu tidaklah sama), saran saya, mulailah menjaga makanan, minuman dan gaya hidup!

Jaman sekarang mudah mencari informasi yang valid dari lembaga yang kredibel di luar negeri. Maka rajin-rajinlah mencari informasi perihal kesehatan (jikalau tidak bisa bahasa Asing, gunakanlah terjemahan otomatis) dan terapkanlah di dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Dan semoga bermanfaat, serta kita semuanya semakin sehat. Aamiin. Terima kasih telah sudi membaca. Salam!

Charles E. Tumbel.

--- Ide dan kreatifitas seseorang adalah hak milik yang tidak boleh ditiru / digandakan. Dilarang mengcopy artikel ini. Terima kasih. ---